"Meningkatkan Skill Belajar Siswa dengan Metode Basik"



Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam pembangunan nasional Indonesia. Sejak Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk memperluas akses dan meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. 

Namun, meskipun telah banyak kemajuan yang dicapai, pendidikan di Indonesia masih dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti kualitas pendidikan yang rendah, kesenjangan akses pendidikan antara daerah pedesaan dan perkotaan, serta kurangmya sumber daya manusia berkualitas dalam bidang pendidikan. 

Kondisi pendidikan yang masih mengkhawatirkan ini dapat dilihat dari berbagai indikator, seperti angka buta huruf, angka putus sekolah, dan rendahnya kompetensi siswa di tingkat internasional. 

Selain itu, terdapat juga permasalahan lain seperti kesenjangan antara sekolah negeri dan swasta, serta kurangnya akses untuk anak-anak dari keluarga miskin dan terpinggirkan.

Meningkatkan Skill Belajar Siswa dengan Metode Basik



Untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan program pendidikan, seperti penguatan kurikulum, pengembangan guru, serta pengingkatan akses pendidikan untuk masyarakat miskin dan terpinggirkan. Namun, implementasi kebijakan-kebijakan tersebut masih menghadapi sejumlah kendala dan perlu terus diperbaiki agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program pemerintah Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan kemajuan bagi sekolah-sekolah tertinggan dengan inovasi-inovasi kreatif yang ditawarkan setiap mahasiswa selama berpraktek. 

Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai salah satu instansi pendidikan tinggi melakukan kerja sama (mitra) dengan intansi pendidikan lain seperti SD dan SMP wilayah kota Medan. Hal ini adalah salah satu cara yang baik dalam pemerataan kemajuan pendidikan di kota Medan. Sehingga, diharapkan mahasiwa dapat membawa pengaruh yang lebih baik ke sekolah demi terciptanya metode belajar yang lebih baik pula.

SD Negeri 060880 merupakan sekolah dasar dengan tingkat kemajuan yang cukup buruk dalam standar kota besar. Sangat disayangkan, walaupun berlokasi di wilayah ibu kota, sekolah ini masih jauh dari kata sempurna baik dari segi sarana dan prasarana serta pelayanan pendidikan yang diberikan cenderung monoton tanpa adanya kreasi. (**)