Pemahaman Nilai-Nilai Karakter dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Salah satu elemen dalam penerapan kurukulum merdeka, adanya Penguatan profil pelajar Pancasila yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman nilai-nilai karakter di kalangan pelajar. Hal ini penting dilakukan mengingat pelajar adalah generasi muda yang akan menjadi tonggak masa depan bangsa.
Dengan memperkuat profil pelajar Pancasila, diharapkan menjadi sosok pemimpin yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Hal ini dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dari lingkungan sekitarnya, dimana proyek P5 di desain berdasarkan permasalahan atau fenomena yang terjadi pada lingkungan sekitarnya.
Di tahun ajaran 2023-2024 SMP Negeri 22 Bandar Lampung yang berlokasi di Jl. ZA. Pagar Alam No.109, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung dengan kepala Sekolah Sriyati, S.Pd., MM, Waka Kurikulum Rinawati, S.Pd., M.Pd, Koord Pelaksana P5 Heriyadi, S.Pd, Koord Sarana Prasarana, H. Sutarsono, S.Pd . Koord Tema, Sherly Ponda, S.Pd dan Herimirhan, S.Ag.,M.Pd beserta dewan guru khususnya di kelas 7 dengan Sebelas Rombel. Kelompok Kelas 7.1 Rini Puspitasari, S.Pd, Yulia Mayrie, S.Pd, Wiwin Prihatini, S.Pd. Kelompok 7.2. Oni Susilawati, S.Pd, Rani Fitria Ningsih, S.Pd. Kelompok 7.3 Rukiyah Ginting, S.Pd, Enggri Firenzia, S.Pd, Zuhrida Purtika Dewi, S.Psi. Kelompok 7.4 Ir. Taviv Arianto Basuki, Revilia, S.Pd, Herly Candra, S.Pd. Kelompok 7.5. Hj. Utami Pribadi Putri, S.Pd Helma, S.Pd., MM. Herimirhan, S.Ag., M.Pd. Kelompok 7.6 Retno Sri P, Ditutup. Rika Aprida AS, SS Septilas Nila Voni, S.Pd. Kelompok 7.7 Ricky Christianto H, ST Dedi Kurniawan, S.Pd M.Rizky Saputra, S.Sn. Kelompok 7.8 Boby Riansyah, S.Kom Okke Kriswidianto, S.Pd. Meilinda Rosa Dhaniar, S.Pd. Kelompok 7.9 Mutiara Oktaria, S.Pd Nurul Komariyah, S.Pd Hosbi Usnura Hutagalung, S.Pd Kelompok 7.10 Ucha Nia Gusna, S.Pd Sherly Ponda, S.Pd Utami Azmarani, S.Pd. Kelompok 7.11 Nova Lestari, S.Pd Bima Saputra, S.Pd Ari Sandi Shadiqin, S.Pd. Menginisiasi Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Bangunlah Jiwa Dan Raganya, Kewirausahaan, Kearifan Lokal. 9 Mutiara Oktaria, S.Pd Nurul Komariyah, S.Pd Hosbi Usnura Hutagalung, S.Pd Kelompok 7.10 Ucha Nia Gusna, S.Pd Sherly Ponda, S.Pd Utami Azmarani, S.Pd. Kelompok 7.11 Nova Lestari, S.Pd Bima Saputra, S.Pd Ari Sandi Shadiqin, S.Pd. Menginisiasi Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Bangunlah Jiwa Dan Raganya, Kewirausahaan, Kearifan Lokal. 9 Mutiara Oktaria, S.Pd Nurul Komariyah, S.Pd Hosbi Usnura Hutagalung, S.Pd Kelompok 7.10 Ucha Nia Gusna, S.Pd Sherly Ponda, S.Pd Utami Azmarani, S.Pd. Kelompok 7.11 Nova Lestari, S.Pd Bima Saputra, S.Pd Ari Sandi Shadiqin, S.Pd. Menginisiasi Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Bangunlah Jiwa Dan Raganya, Kewirausahaan, Kearifan Lokal.
Pada tema Bangunlah jiwa dan raganya, membahas tentang “Asyiknya Berteman di SPANDAWA Tanpa Perundungan”. Adapun tujuan dari projek ini untuk memerikan pemahaman dan penguatan kepada siswa-siswi dalam menghadapi perundungan (Bullying) terutama di lingkungan sekitar sekolah. Di samping itu mampu mengembangkan nalar kritis, kreatif, terjalin kerjasama, memiliki kemampuan mengidentifikasi permasalahan perundungan (Bullying), menemukan solusi dalam mengatasi maslaah tersebut serta menumbuhkan rasa empati terhadap korban (Bullying).
Pada tahap awal pelaksanaan, dengan bimbingan dewan guru, siswa-siswi saling berkomunikasi, kolaborasi dan sinergi mengidentifikasi apa, mengapa, dan bagaimana bullying terjadi. anggotasamai mereka mempelajari dan membicarakan perilaku bullying tersebut. Inti permasalahan tersebut, dengan mencari solusi dalam mengatasinya, Menumbuhkan sikap empati terhadap korban bullying yang terjadi di lingkungannya. Selanjutnya tahap Mengamati lingkungan sekitar sekolah apakah sering terjaidi perundungan. Melakukan diskusi dan penyajian hasil pengamatan serta mengkampanyekan hadi yang diperoleh dari data data yang diperoleh sebelumnya. Setiap langkah-langkah tentunya selalu melakukan komunikasi dengan bagian kurikulum untuk menentukan waktu (timing) pada setiap langkah tersebut. (***)