12 Ciri dan Profil Pelajar Pancasila yang Kreatif, Mandiri, dan Beriman
Pemerintah berkomitmen menciptakan profil pelajar Pancasila yang tanggap dengan isu global. Namun tidak kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia menuju negara yang maju, berdaulat, dan berkepribadian.
Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama dan jumlah yang sama sebagai elemen kunci. Ciri dan elemen kunci wajib dimiliki setiap siswa dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Definisi Profil Pelajar Pancasila
Profil pelajar pancasila merupakan acuan rujukan dari upaya tujuan pendidikan nasional. Hal ini dirancang dalam rangka membangun karakter serta kompetensi peserta didik.
Dalam Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila oleh Kemdikbud dijelaskan, pelajar Pancasila adalah sosok yang terus belajar sepanjang hayat. Dengan ketekunan dan kerja kerasnya, pelajar memiliki kompetensi global.
Pelajar Pancasila juga berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dasar negara. Pelajar ini memiliki enam ciri utama yang berkaitan dengan kelima sila dalam Pancasila. Berikut penjelasannya
Ciri-ciri Pelajar Pancasila
Mengutip laman Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ciri pelajar Pancasila adalah:
1. Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa
Pelajar yang berakhlak dalam ciri ini berkaitan dengan hubungannya dengan Tuhan yang Maha Esa. Dia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta memahami pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
2. Berkebhinekaan Global
Maksud ciri ini adalah pelajar mempertahankan budaya luhur dan identitasnya, namun membaca terbuka saat berinteraksi dengan budaya lain. Sikap ini tumbuh dari rasa saling menghargai sebagai sesama manusia.
3. Bergotong Royong
Kemampuan bergotong-royong yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela. Tujuan gotong royong adalah agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada yang merasa terbebani.
4.Mandiri
Sikap mandiri pada pelajar maksudnya bertanggung jawab atas proses dan hasil belajar. Pelajar mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya dalam mencapai tujuan belajar.
5. Bernalar Kritis
Pelajar yang bernalar kritis mampu memilah dan memikirkan berbagai informasi secara objektif. Pelajar juga mampu membangun keterkaitan, menganalisis, menilai, dan menyimpulkan dari berbagai informasi.
6.
Pelajar Kreatif yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinil, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
Elemen Kunci Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila
Ciri-ciri yang telah disebutkan memiliki elemen kunci masing-masing. Berikut beberapa point-point dan penjelasannya:
1. Berakhlak Mulia
Akhlak beragama: Mengenal sifat-sifat Tuhan dan menghayati bahwa inti dari sifat-sifatnya adalah kasih dan sayang.
Akhlak pribadi: Menyadari bahwa menjaga dan merawat diri penting dilakukan. Selain itu juga menjaga dan merawat orang lain dan lingkungan sekitar.
Akhlak kepada manusia: Mengutamakan harta dan kemanusiaan di atas perbedaan serta menghargai perbedaan yang ada.
Akhlak kepada alam: Menyadari pentingnya merawat lingkungan sekitar. Tidak merusak atau menyalahgunakan lingkungan alam.
Akhlak bernegara: Memahami dan menunaikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik.
2. Berkebinekaan Global
Mengenal dan menghargai budaya: Mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan berbagai macam kelompok berdasarkan perilaku, cara komunikasi, hingga budaya.
Kemampuan komunikasi antarbudaya dalam berinteraksi dengan sesama: Memperhatikan, memahami, menerima keberadaan, dan menghargai keunikan budaya masing-masing sebagai sebuah kekayaan perspektif.
Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan: Memanfaatkan kesadaran dan pengalaman kebhinekaannya agar terhindar dari kehancuran dan stereotip terhadap budaya yang berbeda.
3. Gotong Royong
Kolaborasi: Bekerja sama disertai perasaan senang dan menunjukkan sikap positif saat bersama orang lain.
Kepedulian: Memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di lingkungan fisik sosial.
Berbagi: Memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama.
4. Mandiri
Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi: Melakukan refleksi terhadap kondisi dirinya dan situasi yang dihadapi. Berawal dari memahami emosi diri dan kelebihan serta keterbatasan dirinya.
Regulasi diri : Mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya dalam mencapai tujuan belajar.
5. Bernalar Kritis
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan: Memiliki rasa ingin tahu, mengajukan pertanyaan yang relevan, mengidentifikasi, dan mengklarifikasi informasi yang didapat.
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran: Saat mengambil keputusan, pelajar menggunakan akalnya sesuai dengan kaidah sains dan logika. Hal tersebut dilakukan dengan analisis dan evaluasi dari informasi yang didapat.
Melakukan refleksi pemikiran dan proses berpikir: Refleksi terhadap berpikir itu sendiri dan juga mengenai bagaimana proses berpikir hingga menemukan kesimpulan.
Pengambilan keputusan: Pengambilan keputusan dengan tepat sesuai dengan informasi yang relevan dari berbagai sumber dengan fakta dan data yang mendukung.
6. Kreatif
menghasilkan gagasan yang orisinil: Menghasilkan gagasan dari hal yang paling sederhana, kemudian menerapkan ide baru sesuai dengan konteksnya. Ide ini untuk mengatasi masalah dan memunculkan beberapa alternatif penyelesaian.
Menghasilkan karya dan tindakan yang origen: Menghasilkan sebuah karya yang mendorong minat, kesukaan, dan emosi yang dirasakan hingga mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan sekitar.
Itulah informasi mengenai profil pelajar Pancasila. (***)