Sosialisasi Coretax, Dorong Modernisasi Pelayanan, dan Peningkatan Pendapatan Negara


Pemerintah Kota Bima, bekerja sama dengan PT Pajak Pratama Raba Bima menggelar kegiatan Sosialisasi Sistem Inti Administrasi Pajak (Coretax), bertempat di Aula BKPSDM Kota Bima. Kegiatan ini menghadirkan Asiten III, Sekda Kota Bima, Drs. M. Saleh Yasin.,dengan didampingi oleh Kepala BPKAD, dan seluruh Kabag, serta perwakilan dari PT Pajak Pratama Raba Bima. Sosialisasi ini  sebagai langkah strategis dalam memperkenalkan dan mempercepat implementasi sistem inti administrasi perpajakan yang modern.  Kamis, (13/11/2025).

Sosialisasi Core Tax Administrasi System ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem administrasi layanan perpajakan terbaru yang dikembangkan oleh Direktoral Jendral Pajak (DJP) Indonesia. Selain itu sosialisasi ini juga berjuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta yang hadir, agar dapat diterapkan pada dinas tempat kerja masing-masing.

Asisten III, Sekda Kota Bima, Muhammad Saleh, dalam paparannya menyampaikan, bahwa sosialisasi sistim perpajakan ini sangat penting, mengingat sistim layanan perpajakan ini baru diluncurkan awal Januari 2025 lalu, maka perlu dilakukan sosialisasi. Ia juga mengingatkan bahwa pajak merupakan sumber utama pendapat negara, baik nasional, maupun daerah, untuk itu menurutnya perlu dilakukan modernisasi sistem administrasi perpajakan ke arah yang lebih baik.

“Saya apresiatif, dan berterima kasih kepada pihak PT Pajak Pratama Raba-Bima, atas kerja samanya, dalam rangka mensosialisasikan sistim perpajakan ini, semoga ini dapat meningkatkan pelayanan, dan pendapatan negara,” ujarnya.

Dengan telah dilakukannya sosialisasi sistem Coretax ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan pajak negara. Tentu diharapkan juga, dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak, meningkatkan pelayanan, yang bermuara pada peningkatan pendapatan negara. PT Pajak sendiri berkomitmen untuk terus berinovasi dan bertransformasi menuju administrasi perpajakan yang modern, adaptif, dan fokus pada kepuasan wajib pajak.


(***)