Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan kurikulum merdeka dalam mewujudkan Indonesia emas 2045, sebab di Indonesia 2045 ada visi yang mengatakan bahwa transformator dalam pendidikan harus segera diadakan dalam rangka agar peserta didik siap menghadapi tantangan pada Indonesia di 2045. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan kurikulum merdeka dalam rangka mewujudkan Indonesia 2045. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian perpustakaan dengan pendekatan kualitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian sejarah atau studi dokumenter . Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan kurikulum merdeka dan berpusat pada siswa. Siswa-siswa terdorong untuk mengaktualisasikan ide-idenya melalui dialog yang teratur, dan mereka juga terbiasa mengartikulasikan atau mempelajari keahliannya. Dalam mencapai tujuan tersebut, kompetensi guru sangat diperlukan, oleh karena itu guru untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, guru harus mempersiapkan dengan mengikuti beberapa pelatihan guru, misalnya mengikuti kegiatan seminar atau webinar untuk menigkatkan kompetensi kemampuan guru dalam belajar atau pelatihan in house training, dimana guru mengikuti serangkaian pelatihan yang berkaitan dengan pengimplementasian kurikulum merdeka secara berkala. Pelatihan guru bukan hanya bagi guru yang belum sertifikasi, tetapi bagi guru yang sudah sertifikasi pun perlu diadakan webinar mengenai implementasi kurikulum merdeka, sehingga bisa digunakan pada praktik proses belajar mengajar. Diharapkan dengan menggunakan kurikulum merdeka, peserta didik dapat menghadapi segala tantangan dan bisa mewujudkan Indonesia 2045.
(***)